Kamis, 24 November 2016

Bahaya "Kantong Kresek" Bagi Kesehehatan Kita

Bahaya "Kantong Kresek" Bagi Kesehehatan Kita - Tau kah anda bahaya kantong kresek bagi kesehatan? Kali ini saya akan mengupas secara lengkap kantong plastik atau kresek yang sehari - hari kita pakai.Pada umumnya kantong kresek selalu dipakai para penjual atau pelayan toko untuk membungkus makanan atau minuman dingin dan panas.Kantong kresek yang dipakai biasanya berwarna hitam, putih, biru atau  merah.Kepraktisan dan harga terjangkau dianggap sebagai opsi untuk wadah makanan.

Untuk barang yang bukan tipe makanan mungkin tidak menjadi persoalan, yang bahaya justru dijadikan sebagai pembungkus makanan.Kantong kresek terutama yang berwarna hitam merupakan produk daur ulang.Bahannya bisa diperoleh dari mana saja, bisa dari limbah rumahsakit, bekas peptisida, limbah rumah tangga dan sebagianya.Tentu saja tidak baik bagi kesehatan kita.Mungkin efeknya tidak secara langsung tapi jangka panjang dan bisa mematikan.Berikut adalah salah satu contoh kantong kresek untuk bungkus makanan.

Bahaya "Kantong Kresek" Bagi Kesehehatan KIta
Bahaya "Kantong Kresek" Bagi Kesehehatan KIta

WASPADA BAHAYA KANTONG KRESEK UNTUK PEMBUNGKUS MAKANAN

Pada proses pembuatannya, polivinil klorida (PVC) yang merupakan bahan dasar kantong kresek, ditambahkan penstabil senyawa timbal, timah putih, kadmium, residu, dan bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan. Bahan-bahan tersebut mengakibatkan kanker hati dan paru, meracuni ginjal dan syaraf, gangguan sistem endokrin, dan penyakit lainnya, tergantung dari bahan asal yang digunakan. Penyakit-penyakit inilah yang dapat mematikan. Jadi secara tidak langsung, kantong kresek bisa membunuh anda.

Pada makanan dan minuman yang tetap panas atau hangat mudah sekali kandungan zat yang terdapat dalam plastik ini berpindah ke makanan dan minuman tersebut.Karena bahaya itulah badan pengawas obat yang sering disebut BPOM melarang menggunakan kantong kresek sebagai pembungkus makanan siap santap atau siap saji.Bahaya dalan jangka panjang dan mematikan.

Maka dari itu akhir - akhir ini pemerintah menganjurkan untuk diet kantong plastik, selain berbahaya bagi kesehatan kita kantong kresek sangatlah tidak ramah lingkungan.Kerena kantong kresek ini tidak dapat busuk.Apabila plastik kresek ini dibakar dan terhirup makan bakal menyebabkan gangguan pernafasan dan gangguan penyakit.Bahkan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.Kantong kresek juga membutuhkan waktu yang lama untuk dihancurkan didalam tanah.Penyebabnya karena mikroba membutuhkan proses oksidasi untuk menguraikan kresek. Butuh waktu sekitar 1000 tahun untuk dapat mendegradasi kantong kresek. Itu berarti sampah plastik itu akan tetap ada hingga kita beranak cucu.

Apakah anda masih mau menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan??Kalau anda masih mau saya anggap anda tidak bisa menjaga kesehatan anda sendiri.

0 komentar

Posting Komentar